Kerasa manfaatnya ketika dah masuk di dunia kerja…

Tulisan ini saya tulis atas permintaan teman saya…, partner kuliah, partner organisasi dan teman yang baik… “Reny Indrayani, S.KM., M.KKK” permintaan ini berawal ketika Reny yang sekarang adalah seorang Dosen di almamter ku (almamater dia juga) melihat sangat sedikit peminat dalam acara Kaderisasi BEM, acara pelatihan yang bertujuan unt merekrut pengurus BEM…., dan jadilah tulisan singkat ini

“Awalnya saya ikut organisasi karena melihat kemampuan akademik saya biasa-biasa saja. Saya melihat semua kakak saya rata-rata mendapat prestasi akademik, tidak sedikit yang mendapatkan prestasi akademik dan organisasi. Minat awalnya ada, dukungan keluarga juga ada, wadah juga ada. Beberapa organisasi di SMP saya ikuti, tidak hanya satu tapi sampai empat. Ternyata kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya membuat saya terkenal di mata guru, di mata juniorpun dikenal, dan kalian tau kana pa yang diimpikan dari semua itu. Hahahaha

Sampai di SMA pun banyak organisasi yang saya ikuti, sehingga ketika mau mendaftar kuliah dengan jalur PMDK (mahasiswa undangan), banyak sertifikat yang saya miliki saya jadikan sebagai bahan pertimbangan universitas untuk mau menerima saya berada di Universitas Jember. Alhasil, dengan peringkat sekolah di atas 27 (walaupun di kelas unggul), saya diterima berada di PSKM (dulunya FKM masih program studi) Universitas Jember

Tidak kapok hanya berorganisasi di sekolah, saya lanjutkan pencarian jati diri saya di perguruan tinggi, banyak UKM saya ikuti, sehingga kemampuan yang selama ini saya miliki baru saya ketahui ketika berorgansasi di masa perkuliahan. Jabatan sebagai wakil pimpinan umum dan pimpinan redaksi bulletin LPMKM Sinvesta saya gondol pulang. Mulai dari UKM, BEM, JMKI, PPMI dan kegiatan kemahasiswaan lainnya yang saya minati saya ikuti. Akhirnya tidak hanya pengalaman, sertifikat, ketenaran, jalan-jalan, prestasipun saya dapat dari berorganisasi.

Bukti ‘terpampang nyata’ ketika memasuki dunia pekerjaan, tidak hanya lamaran pekerjaan dan curriculum vite yang saya berikan, pengalaman organisasi berserta sertifikat-sertifikat semasa perkuliahan mampu menjadikan pertimbangan pihak yayasan untuk menerima saya. Setelah memasuki dunia kerja tidak hanya pekerjaan yang saya dapat, namun kepercayaan memegang jabatan structural dan menjadi ketua panitia pada kegiatan besar di kampus pun sampai sekarang selalu dipercayakan kepada saya, hal ini tidak terlepas dari pengalaman organisasi yang saya jalani diwaktu masa perkuliahan.

Menjadi orang sibuk tidak hanya dirasakan oleh pengusaha sukses, tapi mahasiswa sukses yang fokus ke perkuliahan dan maksimal dalam menjalani organisasi bisa kita rasakan dalam masa perkuliahan. Hidup berorganisasi!!”

Tinggalkan komentar