Perahu Kertas (the Movie)

Yang pernah baca buku ini (red: Perahu Kertas) pasti sudah tidak sabar menunggu kehadiran film yang diangkat dari kisah di novel ini. Pastinya juga penasaran siapa yang bakalan jadi pemain Keenan dan Kugy. Banyak usulan dari pembaca yang bermunculan. Tapi kuasa tetap di tangan Hanung Bramantio dan Istrinya.
Mengambil dari sebuh situs (semua dikutip dari situs)  dengan judul “Perahu Kertas Mencari Pemain Kugy dan Keenan. Siapakah yang Pantas Menurutmu?” Hanung Bramantio mengungkapakan pembuatan fil yang berjudul Perahu Kertas (sama dengan judul novelnya)

Kenapa Perahu kertas?? Kelebihan cerita Perahu Kertas adalah karakter-karakter unik dan sekaligus mudah membuat jatuh cinta.

Hanung Bramantyo sendiri mengakui bahwa dirinya kesulitan mencari pemain yang bisa dengan pas memerankan setiap karakter yang ada di novelnya dan tentang perubahan seting waktu yang akan terjadi.

Lalu bagaimanakah perkembangan penemuan pemain karakter Kugy dan Keenan?

“Kita sedang dalam tahap kasting tertutup. Susah emang nemuin pemain yang bisa memerankan karakter Kugy dan Keenan. Karakter lain memang bisa ditemukan. Tapi, nyari yang cocok untuk Kugy ama Keenan itu luar biasa susah, ” jelas Hanung saat ditemui di acara hari jadi Dapur Film semalam.

Hanung Bramantyo lebih lanjut menjelaskan bahwa kesulitan timbul karena karakter Kugy dan Keenan adalah karakter yang unik. Mereka memiliki kedewasaan dan kecerdasan berpikir yang melampaui usianya. Dan mereka adalah sosok yang menarik secara fisik. Selain itu, Hanung mempertimbangkan rentang waktu 5 tahun mulai dari kuliah hingga bekerja.

Kugy dan Keenan itu kan diceritakan mulai dari awal masuk kuliah hingga kerja. Cari pemain yang bisa mewakili masa-masa itu, tanpa kehilangan emosi dan mampu mengikuti pertambahan umur, sekaligus tetap relevan dengan ceritanya itu susah banget. Ditambah pembaca pasti punya gambaran ideal masing-masing,” ujar Hanung lagi.

Kugy adalah sosok cewek yang manis, imut, enerjik namun cerdas. Sedangkan Keenan adalah cowok berdarah campuran yang cuek dan berjiwa seni. Hal itu bukanlah hal yang mudah untuk menemukannya.

“Ada beberapa kandidat sebenanrnya. Tapi, itu tadi. Ada yang cocok jadi Kugy pas kuliah, tapi pas kerja dia nggak sesuai lagi. Ada yang cocok dengan karakter Remi ( kekasih Kugy-red), namun sebagai pimpinan perusahaan dia nggak cocok. Ada yang cocok jadi Keenan, tapi secara umur dia nggak pantes lagi jadi anak kuliahan. Gitu-gitu deh masalahnya, ” Hanung menjelaskan lebih lanjut.

Kabar angin beredar bahwa Maudy Ayunda akan diplot untuk karakter Luhde ataupun Kugy. Dan Reza Rahadian sebagai karakter Remi. Juga ada nama Giorgino Abraham disebut-sebut sebagai salah satu kandidat karakter. Dan juga Laura Basuki masuk dalam bursa.

Namun, Hanung Bramantyo menolak berkomentar lebih lanjut.

“Semuanya masih dalam tahap kasting. Kita masih mencari yang cocok, ” Hanung menjawab.

Penulis sendiri melihat penampilan Raihanuun ( Lovely Man ) yang mendekati dengan Kugy. Raihanuun adalah wanita yang tomboy, periang dan dia cerdas. Namun, saat ini Raihanuun dikabarkan sedang mengandung hasil pernikahannya dengan sutradara Teddy Soerjaatmadja ( Lovely Man). Jadi Raihanuun dengan sendirinya gugur.

Aktris tomboy lainnya adalah mantan VJ MTV, Nirina Zubir. Tapi dirinya terlalu dewasa untuk Kugy. Adapun Maudy Ayunda, dia aktris berbakat, cerdas dan menarik. Namun, saat Maudy harus memerankan Kugy saat bekerja, Maudy tampaknya belum mampu mewakilinya.

Sedangkan karakter Keenan? Dengan segala penggambarannya para pembaca Penulis yakin akan mengasosiasikannya dengan Nicholas Saputra. Tapi, Nicho sudah terlalu dewasa. Dan tambahan karakter ini akan mirip dengan karakter Rangga yang diperankannya di Ada Apa Dengan Cinta.

Penulis sendiri membayangkan sosok aktris Winona Ryder saat menggambarkan karakter Kugy di novel. Namun, tentu susah mendapatkan aktris dengan tampilan fisik dan akting sekaliber dirinya di Indonesia.

Apakah kalian sudah membaca novel Perahu Kertas? Menurut kalian siapa aktor dan aktris yang cocok untuk Kugy dan Keenan?

Thanks to: Boleh.com (tz/bc)

About these ads

6 thoughts on “Perahu Kertas (the Movie)

  1. ninik mengatakan:

    Q sih tetep konsisten yah,kalo yang pantes jadi kugy itu angelique.Keenan nya yah samuel zylgwin.Pertama baca buku aja,yg langsung nongol yah mereka2 itu.Sotomatis

    • apipgoblog mengatakan:

      hmmmm
      1st. kenapa foto d komen mu g keluar mbak?
      2nd. lha tetap pada pendapat penulisnya juga bagaimana dya menggambarkan Kugy n Kenan juga sih mbak. Hayo…

      • ninik mengatakan:

        haish,..itu karena km gak ngubah settingan komen km.Allow to gravatar ta kl gak salah.Pendapat penulisnya juga masih geje gitu,masa’ winona ryder???produser indonesia mana yg sanggup bayar?

  2. renata dhey mengatakan:

    kugy iku sakjane aku..sayang aku berkerudung..maaf ya,mas hanung :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s